Minggu, 29 April 2012


PRINSIP PRINSIP JARINGAN

Jaringan adalah sistem yang dibentuk oleh link. Situs web yang memungkinkan individu untuk link ke halaman masing-masing disebut jaringan sosial. Serangkaian ide-ide yang terkait dapat disebut jaringan konseptual. Koneksi yang Anda miliki dengan semua teman-teman Anda dapat disebut jaringan pribadi Anda.

Orang menggunakan jaringan berikut setiap hari:

Sistem pengiriman mail
Telepon sistem
Sistem transportasi publik
Jaringan komputer perusahaan
Internet
Komputer dapat terhubung melalui jaringan untuk berbagi data dan sumber daya. Jaringan dapat yang sederhana seperti dua komputer yang dihubungkan oleh satu kabel atau serumit ratusan komputer yang terhubung ke perangkat yang mengontrol aliran informasi. Jaringan berkumpul data dapat mencakup komputer tujuan umum, seperti PC server, serta perangkat dengan fungsi lebih spesifik, termasuk printer, telepon, televisi, dan konsol game.

Semua data, suara, video, dan berkumpul jaringan berbagi informasi dan menggunakan berbagai metode untuk mengarahkan bagaimana informasi ini mengalir. Informasi pada jaringan pergi dari satu tempat ke yang lain, kadang-kadang melalui jalan yang berbeda, untuk tiba di tujuan sesuai.

Sistem transportasi publik sangat mirip dengan jaringan data. Mobil-mobil, truk dan kendaraan lain adalah seperti pesan yang bepergian di dal`m jaringan. Setiap mobil mendefinisikan titik awal (sumber) dan titik akhir (tujuan). Dalam sistem ini, ada aturan seperti tanda berhenti dan lampu lalu lintas yang mengontrol aliran dari sumber ke tujuan.

Setelah menyelesaikan bagian ini, Anda akan memenuhi tujuan ini:

Menentukan jaringan komputer.
Menjelaskan manfaat dari jaringan.

Ø  Menentukan jaringan komputer
Jaringan data komputer adalah kumpulan dari host yang dihubungkan oleh jaringan perangkat. Host adalah perangkat yang mengirim dan menerima informasi pada jaringan. Peripheral adalah perangkat yang terhubung ke host. Beberapa perangkat dapat berfungsi baik sebagai host atau periferal. Sebagai contoh, printer terhubung ke laptop Anda yang ada pada jaringan bertindak sebagai peripheral. Jika printer terhubung langsung ke perangkat jaringan, seperti hub, switch atau router, itu bertindak sebagai tuan rumah.

Jaringan komputer yang digunakan secara global dalam bisnis, rumah, sekolah, dan lembaga pemerintah. Banyak dari jaringan yang terhubung ke satu sama lain melalui Internet.

Berbagai jenis perangkat dapat menghubung ke jaringan:

Komputer desktop
Laptop komputer
Printer
Scanner
PDA
Smartphone
File/print server
Jaringan dapat berbagi berbagai jenis sumber daya:

Layanan, seperti mencetak atau pemindaian
Ruang penyimpanan pada perangkat yang dapat dilepas, seperti hard drive atau drive optik
Aplikasi, seperti database
Anda dapat menggunakan jaringan untuk mengakses informasi yang tersimpan di komputer lain, mencetak dokumen menggunakan printer yang dibagi, dan menyinkronkan kalender antara komputer Anda dan Smartphone Anda.

Perangk`t jaringan link bersama dengan menggunakan berbagai koneksi:

Tembaga pengkabelan-menggunakan sinyal-sinyal listrik untuk mengirimkan data antara perangkat
Serat optik kabel-menggunakan kaca atau kawat plastik, juga disebut serat, untuk membawa informasi sebagai cahaya pulsa
Koneksi nirkabel-menggunakan sinyal radio, teknologi infra merah (laser), atau transmisi satelit


Peripherals lebih sedikit yang diperlukan
Setiap komputer pada jaringan tidak perlu sendiri printer, scanner, atau perangkat cadangan. Beberapa printer dapat mengatur di sebuah lokasi pusat dan berbagi di antara pengguna jaringan. Semua pengguna jaringan mengirim pekerjaan pencetakan ke server cetak pusat yang mengelola permintaan cetak. Server cetak dapat mendistribusikan pekerjaan pencetakan atas beberapa printer, atau antrian pekerjaan yang memerlukan printer tertentu.

Peningkatan kemampuan komunikasi
Jaringan memberikan beberapa alat kolaborasi yang berbeda yang dapat digunakan untuk berkomunikasi antara pengguna jaringan. Alat-alat online kolaborasi termasuk e-mail, forum dan chatting, suara dan video, dan instant messaging. Dengan alat ini, pengguna dapat berkomunikasi dengan teman-teman, keluarga dan kolega.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar